Kalau Cari Buku di Bandung Aku Cari di:

Berikut tempat-tempatku mencari buku di Bandung:

1. Palasari di…Palasari

Ini dia tempat pertama yang aku datangin kalau nyari buku. Koleksinya banyaaak banget. Mulai dari buku bekas sampai buku baru (yang dijual dengan diskon oke). Mulai dari buku agama, sekolah, kuliah, kedokteran, buku resep, novel, komik, manga (tapi sekarang udah nggak terlalu banyak), Kho Ping Ho..euh..pa lagi yang belum tersebutkan? Berikut adalah tempat-tempat yang rutin aku samperin di Palasari.

  • Kios Ampera milik Pak Sasmita.

Tempat pertama yang kudatangi kalau ke Palasari.

Jam buka : 10.00 (memang lebih siang daripada rata-rata kios lainnya)

Jam tutup : 20.00 (?)

Koleksi : Buku baru. Paling banyak novel. Selain itu juga ada Tintin dan buku cerita anak-anak.Harga : Standar. Diskon palasari sesuai kalkulator. Masih bisa nawar lagi, sih. Tapi paling pembulatan-pembulatan gitu. Tawar aja terus sampe mentok.

Keterangan : Ini tempat langgananku. Ngasi jasa nyampul buku gratis. Bisa ditelepon kalau mau ngecek apakah buku yang akan dibeli ada atau tidak, bisa juga cek harga buku walaupun bukunya lagi kosong. Tentu neleponnya harus antara jam 10.00 – 20.00. Bapaknya ngerti dan baca buku juga, jadi bisa tanya pendapat dia buku yang mana yang rame (walaupun tentunya karena dia yang jual pastinya rada bias, sih. Lagipula selera orang kan beda-beda). Cerita dikit: Aku pernah mau beli chicklit gitu (kebetulan lagi kebanyakan duit), tapi agak ragu. Eh, tau-tau si Bapak merekomendasikan satu buku yang sampulnya nggak banget. Udah gitu, nggak ada resensinya pula. Tapi berhubung si Bapak bilang, “Rame, Neng! Saya aja baca sampai dua kali.” So, karena ada rekomendasi, ditambah harganya yang lebih murah, dan dua kali lebih tebal daripada si chicklit itu plus rekomendasi si Bapak, akhirnya aku beli tuh buku sambil bilang, “Kalau nggak rame, saya tuker, ya!” Eh, ternyata. Begitu dibaca, mataku ini tidak bisa lepas dari buku itu saking ramenya.

  • Kios-lupa namanya-yang jual komik. Kiosnya ada di depan dan juga di tengah (tembus, ternyata)

Kalau pengen cari manga atau novel bekas, siapa tau menemukan buku yang aku cari.

Jam buka: Lebih pagi daripada Ampera

Jam tutup : ?

Koleksi: Majalah bekas (paling banyak), manga (komik jepang) bekas maupun baru, komik (model Nina dan Donal Bebek) bekas maupun baru, novel bekas maupun novel baru, Kho Ping Ho.

Harga: Diskon manga standar. Novel bekas harganya standar. Komik bekas juga sepertinya memang segituan. Kalau harga majalah bekas aku tak tahu.

Keterangan: Jangan lupa minta disampulin. Terima beli komik atau novel bekas.

  • Kios buku bekas di bagian belakang (lupa namanya)

Tempat yang pasti dimampiri karena takut menyesal. Siapa tau menemukan buku yang aku cari atau yang aku suka.

Jam buka: Sekitar 10.00 (kalau tak salah)

Jam tutup : ?

Koleksi: Novel bekas, novel impor bekas, komik bekas, yang bekas-bekas.

Harga: Standar novel bekaslah.

Keterangan: Mereka juga mau beli komik atau novel bekas (tapi aku belum pernah nyoba jual ke sini).

  • BBC (Bandung Book Centre)

Hanya kalau terpaksa.

Jam buka: Lebih cepat daripada Ampera

Jam tutup : ?

Koleksi: Segala buku baru. Kamusnya juga banyak, bisa pilih mau yang mana.

Keterangan: Tempat terakhir yang dikunjungi kalau sudah putus asa nyari buku di luar (karena aku nggak suka ama kasirnya yang kurang ramah). Ada jasa nyampul buku gratis.

2. Kaki lima di Jl. Dewi Sartika

Tempat nyari majalah bekas dan alternatif Palasari karena harga buku baru yang rasanya semakin mahal (atau aku yang semakin miskin?)

Jam buka : 07.00

Jam tutup: Maghrib (bisa lebih cepat kalau hujan).

Kondisi: Kaki lima, jadi ngampar di trotoar. Pedagangnya lebih banyak daripada di Jl. Cikapundung.

Koleksi: Bekasan seperti di Cikapundung, tapi jauh lebih banyak. Yang paling banyak adalah majalah. Ada juga komik-komik besar semacam Asterix, Tintin, Nina. Ada manga (komik jepang) bekas juga. Ada juga yang jualan berbagai buku teks maupun novel. Ada satu lapak (yang kutemukan) yang juga berjualan novel dan komik baru.

Harga: Harga novel bekasnya mungkin hampir sama dengan Palasari. Harga majalahnya, menurutku, sedikit lebih mahal daripada Cikapundung. Sangat disarankan untuk menawar habis-habisan :P

Keterangan: Harus mau repot karena pedagangnya agak malas buat ngebantuin ngubek-ngubek. Kalau sedang mencari buku tertentu atau sedang melengkapi koleksi seperti aku, sebaiknya bawa daftarnya dan alat tulis (kalau banyak dan tidak hapal satu-persatu seperti aku).

3. Kaki lima di Jl. Cikapundung

Kalau nyari majalah bekas

Jam buka : Lupa nanya

Jam tutup : Lupa nanya juga

Kondisi: Kaki lima, jadi ngampar di trotoar

Koleksi: Bekasan atau sisaan (masih baru tapi nggak laku dijual). Yang paling banyak adalah majalah. Selain itu ada juga komik besar model Asterix gitu, manga, novel, euh…pa lagi, ya? Katanya, sih kalau mau cari buku langka juga bisa di sini.

Harga: Menurut aku, sih ini tempat paling murah (hanya didasarkan pada satu kali membeli buku bekas).

Keterangan: Kalau memang mencari buku tertentu, siapkan daftarnya karena pedagangnya baik mau bantu ngubek-ngubek. Walaupun nggak semua, sih. Jumlah pedagangnya sedikit.

4. Gramedia (Jl. Merdeka, Istana Plaza, atau Gramedia lainnya)

Hampir selalu mampir ke tempat buku impornya buat ngecek harga. Kalau ada yang murah (menurut kalkulasi), biasanya dibeli. Pernah dapet kumpulan cerita Edgar Alan Poe, Sir Arthur Conan Doyle, dan Lewis Carol dengan harga super murah (sampai aku berpikir bahwa sebenarnya yang aku bayar hanyalah harga kertas kiloan dan biaya jilid). Tergantung luck memang.

Selain itu, kalau aku tau bahwa sedang ada bursa buku murah biasanya aku mampir :)

5. Gunung Agung (di BIP, Ciwalk, atau tempat lainnya)

Mampir untuk melihat-lihat koleksi Gunung Agung berbeda dari Gramedia.

6. Kiosnya Hendi di Jl. Purnawarman (belakang Gramedia Merdeka).

Dulu adalah tempatku mencari manga terbaru (waktu masih mengikuti banyak serial).

Koleksi: Paling banyak manga (komik jepang), jual tabloid dan majalah juga.

Harga: Duh, aku dah lama nggak ke sini. Dulu dia ngasi diskon 10% gitu dan kalau beli banyak bisa dapet diskon tambahan. Nggak tau apakah sekarang masih ngasi diskon atau nggak.

Keterangan: Bisa pesen kalau stoknya habis, tapi musti rajin ngehubungin Hendi (minta nomor hapenya!). Oh, ya. Ada taman bacaannya juga.

7. Depan Super Mini Market Daarut Tauhid di Jl. Gegerkalong Girang.

Hanya mampir kalau tergugah melihat pelang diskonnya. Pelang diskon itu sangat berguna untuk menarik pembeli seperti aku. Hehehe…

Jam buka: sekitar 09.00

Jam tutup: Tak tahu.

Jam istirahat: Tiap jam sholat

Koleksi: Buku-buku Mizan

Harga: Biasanya ada diskon 10%, walaupun tidak semua. Kadang-kadang, kalau sedang beruntung, jual buku murah juga. Tanggal 19 Nopember kemarin aku beli novel seharga Rp20.000,- per novel. Harga aslinya Rp49.000,-. Lumayan banget. Diskon lebih dari 50%. Aku beruntung :D

Lainnya :

1. Toko buku kecil Potenza di Jl. Setiabudhi, dekat pertigaan Gegerkalong Hilir-Setiabudhi. Di sebelah kiri jalan kalau menghadap ke arah Lembang.

Tempatku memantau manga terbaru

Koleksi: Manga (komik jepang). Ada tabloid dan majalah juga. Kaya kiosnya Hendi-lah (lihat nomor 2).

Harga: Wah! Udah lama nggak beli di sini. Dulu ngasi diskon, sih. Tapi lupa berapa persen. Sekarang aku tak tahu apakah masih ngasi diskon atau nggak.

Keterangan: Mereka memajang manga-manga terbaru di jendela toko. Aku juga memanfaatkannya untuk melihat manga terbaru.

2. Toko-toko buku kecil dan kios-kios buku di sepanjang Jl. Gegerkalong Girang.

Kalau bener-bener lagi super suntuk atau super nggak ada kerjaan.

Di dekat-dekat DT ada beberapa toko kecil yang jualan buku agama. Pernah beli, dan ada diskonnya.

Ada juga kios buku bekas. Kalau diurut berdasarkan arah jalan aku saat pergi, yaitu dari DT menuju Jl. Setiabudhi. Kios buku bekas pertama dapat di temukan di kiri jalan, setelah Jl. Gegerkalong Tengah. Koleksinya novel, majalah, dan manga bekas. Lupa apakah ada buku kuliahan juga atau nggak. Yang kedua ada di Jl. Guruminda (tempat gerbang belakang UPI). Kiosnya terlihat dari Jl. Gegerkalong Girang. Koleksinya kurang lebih sama seperti kios pertama dan ada buku kuliahan juga (dekat UPI, sih). Yang ketiga ada di sebelah kanan jalan, setelah Jl. Guruminda. Koleksinya buku-buku serius gitu (bukan tipeku).

Moga-moga berguna buat yang pengen beli buku. Sebenernya kalau liat sini, masih banyak lagi tempat hunting buku di Bandung. Kalau kamu nyari tempat hunting buku di kota lain, coba aja buka link tadi. Daftarnya se-Indonesia, lho! Mantap banget!

Btw, kalau ada yang tau tempat jual buku di Bandung yang ngasi diskon lainnya kasi-kasi info, dong. Biar aku bisa ke sana juga :) Kalau aku udah ke sana kan bisa kutambah lagi daftar ini. Hehehe..

Duh, jadi pengen ke Kwitang atau Pasar Senen Jakarta :(

19 thoughts on “Kalau Cari Buku di Bandung Aku Cari di:

  1. makasih ya udah beri info ttg buku buku, ini berguna banged bagi pecinta buku yang ingin nyari bbuku yg g mahal, lengkap ma jam buka, tutup, koleksi,uuiiihhh, pkoknya makasih banged dah ngebantu orang!

  2. @ zia :
    Hehehe :) Sama-sama. Syukur banget kalo infonya berguna. Padahal rasanya belum komplit, lho :p
    Anyway, thanx udah mampir di sini, ya :)

  3. cobain k togamas di supratman. rata2 diskonnya 15%. gedean diskon BBC si, yang rata2 25%-an. di togamas koleksi bukunya gak sebanyak gramed si tapi aku suka k sini kalo cari manga baru, diskonya lebih gede 5% dari palasari yang cuma 10%, trus kalo bruntung ternyata manganya baru aja terbit, bisa dapet diskon sampe 20% hehehe… penjaga tokonya juga ramah banget. mau bantuin nyari buku yang udah kita cari dari ujung sini sampe ujung sana tapi gak kliatan sampe ketemu. ada layanan penyampulan buku gratis untuk buku yang diatas 20.000 (kalo gal salah) tapi kalo lagi rame nyampulnya harus rela ngantri.

  4. Oh, togamas teh nggak cuma jual komik aja, ya? Jual novel juga? Wah…boleh juga. Kapan tapi, ya? Sekarang sering lewat Supratman tapi bingung. Besok-besok pasang mata, ah. Biar ketemu. Hehe.

  5. @ Indradya : Hahaha :D Terus duitnya bisa dipake buat beli buku lain.

    @ Beta : Sudah menemukan lokasi Togamas :) Di jalan Supratman, seberang Q-College (eh…Q-college, ya? Pokoknya kawasan itulah), deket rumah makan Ampera (?) Tinggal mampir ke sana :)

    • Di Palasari, di belakang, ada yang jualan buku bekas. Nah, di situ buku impornya lumayan banyak. Di tempat lain juga banyak buku impor bekas. Tapi, ya itu. Sebaiknya sudah tau mau beli buku apa (dicatet biar bisa dibantuin nyari). Dan, musti sabar banget nyarinya.
      Di kaki lima dewi sartika perasaan pernah juga liat novel impor bekas gitu, sih. Sorry, yang ini nggak pasti karena waktu itu nggak nyari novel impor bekas, sih :P

  6. punya novel jepang yang masih pake bahsa jepang ga???? yang belum ditransletin.. untuk keperluan skripsi.. hubungi saya lewat email yah…onegai..

  7. than,k info nya ya tar lo ke bandung q survei ke sana soal nya lgi nyari komik buanyak ne buat nambain koleksi rental…

    • Sama-sama. Oh…ada tambahan. Di PVJ, di stand di gang gitu…ada 1 stand khusus jual komik yang 1 set. Tapi harganya sih gak murah juga :D

  8. salam nona zona….mana bisa saya cari manga karya ryoichi ikegami versi bahasa inonesia? bole bantu saya? saya dari malaysia.

Komentar ditutup.